peresmian-azzamir1

Sejarah Lembaga Pendidikan Az Zamir

Umat muslim percaya bahwa kelahiran, jodoh, dan kematian adalah takdir yang tidak bisa diubah. Saat manusia mati maka putuslah sudah segala amalnya di dunia dan dia harus membayar semua perbuatannya di akhirat nanti. Tidak ada yang dapat menolongnya kecuali tiga perkara, yaitu “Ilmu yang Berguna”, “Sedekah”, dan “Anak yang Saleh”. Selama ilmu yang pernah diajarkannya tetap diamalkan oleh orang yang masih hidup, selama sedekah yang diberikannya dapat terus dimanfaatkan untuk kebaikan, dan selama masih ada anak yang beriman mendoakannya, maka Allah akan mempermudah jalannya.

Pandangan tersebut menjadi dasar bagi Drs. H. Amir Ismail—seorang pengusaha yang sudah puluhan tahun bergerak di bidang usaha distribusi bahan peledak yang cukup sukses—untuk membuka bidang usaha baru yang sekiranya dapat menjadi apa yang disebut olehnya sebagai “Penanaman Modal Akhirat”. Bidang yang paling sesuai adalah bidang pendidikan, dalam hal ini sekolah, dan lebih spesifik lagi yaitu sekolah yang bernafaskan Islam. Sekolah tersebut diberi nama Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Az Zamir.

LPI Az Zamir berlokasi di Komplek Kunciran Mas Permai, Jl. Lumba-lumba No.3, Kelurahan Kunciran Indah, Kecamatan Pinang-Tangerang. SMP-SMA Islam Az Zamir diresmikan pada 21 Juli 2007 oleh Walikota Tangerang Drs. H. Wahidin Halim. Saat itu total murid yang mendaftar (Angkatan I) sebanyak 93 anak untuk SMP dan 45 anak untuk SMA.

Salah satu cara agar bangsa Indonesia mampu terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi adalah dengah meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan sistem pendidikan yang tepat kita akan mampu mempersiapkan dan menyediakan sumber daya manusia andal dan tangguh untuk mampu bersaing di dunia yang bergerak cepat dan selalu berubah ini, baik dalam skala lokal, nasional maupun international.

Manusia yang hanya berkembang intelektualitasnya saja namun hatinya kosong, kelak dikhawatirkan hanya akan memikirkan diri sendiri dan tidak menghiraukan orang lain, tidak menghiraukan bangsa dan negaranya, bersikap masa bodoh dengan lingkungan asal diri sendiri senang. Oleh karena itu konsep pendidikan yang akan dikembangkan di LPI Az Zamir adalah konsep pendidikan lahir dan batin, yang membangun manusia seutuhnya. Pengembangan pendidikan secara lahir menciptakan sumber daya manusia yang andal di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, dan secara batiniah LPI Az Zamir akan memberikan tempaan mental dan spiritual berlandaskan asas keislaman untuk membuat peserta didiknya menjadi orang yang berkepribadian, bertaqwa pada Allah, disiplin, dan berdedikasi tinggi pada diri sendiri maupun masyarakat.

Visi

Sebagai sekolah mandiri berdisiplin tinggi dalam lingkungan yang nyaman dan kekeluargaan demi terwujudnya generasi intelektual islam berakhlakul karimah.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tingkat menengah pertama dan atas secara mandiri dengan kegiatan belajar mengajar yang efektif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan.
  2. Menumpuk kebiasaan beribadah dan nilai-nilai islami dalam kehidupan sehari-hari demi terwujudnya generasi yang berfikiran maju dan terbuka dengan tetap berpagarkan rukun iman dan rukun islam.
  3. Mengembangkan sikap cinta tanah air, bangsa dan negara dalam membuka wawasan serta menanamkan kesadaran dan toleransi atas kemajemukan dan kebhinnekaan.

Video Profil SMP & SMA Az Zamir Islamic School